Selasa, 15 September 2009

Pangalengan...

Rekam jejak tentang perjalanan SA 2 2009... lokasi di Pangalengan... tujuannya untuk trauma healing anak-anak korban gempa... yang (asal tau aja) ngedenger kata garut aja dia gamau karena waktu gempa kemarin, semua keluarganya yang ada di Garut meninggal... yang ketika menggambar selalu menyertakan warna hitam di setiap gambarnya... yang ketika menggambar hanya menggambar pocong ataupun benang kusut...

Jum’at, 11 September 2009
Gue memulai perjalanan Bandung-Pangalengan buat ngerjain salah satu kewajiban gue sebagai scholars. Yaitu social activity yang diadain setiap enam bulan sekali. Kalau dulu sih 4 bulan sekali. Dari awal banget, gue udah ngerasa SA kali ini bakal cocok dengan karakter gue. Mungkin karena gue udah tau bahwa medan yang bakal gue hadapi adalah lapangan terbuka dengan banyak orang yang akan terlibat. Entahlah...

Gue mulai perjalanan Bandung-Pangalengan dengan salah-salah jalan. Maklumlah, biasa hanya di Bandung. Akibatnya, perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh hanya dalam 2-3 jam gue tempuh dalam waktu 6 jam. Nyasar dan ngaretnya banyak. Padahal, untuk SA ini, gue udah ngorbanin 2 kegiatan gue. Penutupan MBC tahap 2 dan reuni MA Zakaria. Tapi yasudahlah. Toh gue yakin ini keputusan yang tepat.

Sebenarnya gak ada yang terlalu istimewa di perjalanan Bandung-Pangalengan. Tapi waktu gue udah sampe daerah Pangalengan, sesuatu terjadi dan membuat perjalanan gue begitu istimewa. Haha, lebay. Tapi emang gitu kok, soalnya begitu gue masuk daerah Pangalengan, tiba-tiba hujan turun tanpa permisi. Dan gue gak bawa jas hujan. Mampuslah sudah. Apalagi gue punya bronkhitis. Gue asalnya mau berhenti dulu. Tapi kayaknya percuma aja kalo berhenti dulu juga. Hujannya kayaknya lama banget. Jadilah gue berhujan-hujanan di malam yang gelap dan kacamata gue basah sama hujan. Jalan yang Cuma keliatan sedikit karena gelap jadi gak keliatan sama sekali gara-gara kacamata itu. Jadilah gue hanya mengikuti cahaya motor si Salik yang ada di depan gue.

Dengan berbekal nekad dan agak sinting, gue sampe ke posko IBU foundation. Dalam keadaan basah seperti itu, gue, Salik, Soni dan Vini langsung ke masjid. Bukan buat sholat, tapi buat mengamankan barang bawaan. Untung gue gajadi bawa laptop. Kalo jadi, gue gatau gimana nasibnya tuh laptop gue. Sesampainya di masjid, gue langsung ngeluarin semua bawaan gue. Alhamdulillah, ga ada baju yang kebasahan. Gue langsung ganti baju gue yang udah basah banget dan berat banget itu.

Selesai ganti baju, gue gak langsung tidur. Gue nyari makan dulu. Padahal pas magrib tadi gue udah makan nasi goreng. Parah. Tapi yasudah. Akhirnya gue, Imas dan Neneng nyari makan dan kita nemuin tempat makan yang aneh. Soalnya apapun yang kita makan, harganya sama. Cuma 6rebu doang. Jadi bingung sama yang punya warung. Nah, selesai makan, gue gak langsung tidur kayak Neneng dan Imas. Gue nyari cemilan. Vacum cleaner mode : on. Hehehe. Gimana lagi... itu kebiasaan di Bandung. Gue langsung nyalain motor dan gue nyari tempat beli cemilan di deket posko. Jaraknya lumayan jauh. Tapi karena gue naik motor, perjalanannya 5 menit doang kok. Nah, habis gue makan tuh cemilan, barulah gue bisa tidur. Tidur dengan sejuta tanya, anak-anak seperti apa yang bakal gue hadapi nanti...
Sabtu, 12 September 2009
Gue bangun jam 2.30. oiya, gue dan temen-temen pada tidur di masjid. Soalnya tendanya bocor dan basah. Jadinya gak bisa dipake tidur. Coba tanya, kenapa jam 2.30 udah bangun. Ternyata di sana emang kebiasaanya kita bangun jam segituan buat saur. Buset dah. Saurnya jam berapa, subuhnya jam berapa. Akhirnya gue dan temen-temen yang udah bangun dalam keadaan setengah sadar itu ke posko. Dan memang, di posko sahurnya udah ada. Komplit banget dah.

Setelah sahur, gue tidur. Sebelumnya, gue nyalain hape gue karena takutnya semalem ada yang sms gue. Oiya, selama SA, HP gue dimatiin. Jadinya waktu dinyalain, ada banyak banget sms yang masuk. Setelah ngebuka sms dan ngebales sms, HP gue matiin lagi dan gue tidur sampe jam 5-an. Hahaha... kebo banget yak...

Bangun tidur ku terus mandi... tidak lupa menggosok gigi... Di Pangalengan, hal tersebut berlaku buat gue... gimana gak... WC cuma ada dua dan yang mau mandi ada tujuh belasan orang... kalo gak cepet-cepet, bisa-bisa gue dimarahin sama orang-orang. Orang-orang juga pada sibuk. Mereka pada ngejar mandi pagi. Katanya bakal ada briefing dulu dari IBU foundation. Gue belum kenal siapa aja mereka. Tapi dari yang gue kenal semalem, menurut gue mereka biasa aja. Maksud gue, gue gak bisa memutuskan apakah mereka baik-baik aja ama SF atau gak. Tapi at all, mereka orang baik-baik kok. Buktinya mereka mau bantu korban gempa di Pangalengan ini. Iya kan?

Jam setengah sembilan, gue udah bere siap-siap. Baju kotor udah masuk plastik dan tas. Semuanya udah rapi. Briefing dimulai. Gue kenalan sama yang namanya Pak Iqbal. Kayaknya dia salah satu koordinator IBU deh. Soalnya kayaknya dia yang ngatur ini-itu urusan dengan SF. Briefing dimulai dengan pertanyaan yang bikin gue kaget. Dia nanya, sebenarnya tujuan utama SF ada di Pangalengan apa. Gue kaget soalnya sebenarnya tim SF udah ada dari kemaren. Dan harusnya mereka udah tau dong, kalo kita di Pangalengan mau ngadain trauma healing alias penyembuhan luka psikologis buat anak-anak korban gempa. Tapi gue mencoba untuk menginterverensi pertanyaan dia, soalnya koordinator di sini kan si Nina. Si Nina pun ngasi jawaban ke si Mas Iqbal itu bahwa kita mau ngadain trauma healing dan assesment buat anak-anak di sana. Setelah sedikit penjelasan dari Nina dan beberapa anak, akhirnya tim dari IBU bisa mengerti tujuan kedatangan kami di Pangalengan. Kemudian, IBU membuat tabel dan membuat daftar perbedaan kerja yang akan dilakukan oleh SF dan IBU. Dan setelah tabel itu selesai, briefing dilanjutkan oleh Pak Kemal, yang katanya masternya game-game lapangan.

Pak Kemal orangnya asik dan gak pernah underestimate sama orang lain. Itulah kesan umum gue tentang Pak Kemal. Oleh Pak Kemal, anak-anak SF diminta ngadain simulasi apa yang akan kami lakukan pada anak-anak. Tapi sebelumnya, Pak Kemal minta kita ngebagi beberapa tim dulu. Tim nya dinamain nama-nama binatang. Gue kebagian tim gajah dengan Nina dan beberapa anak lain. Gue lupa waktu itu siapa aja kelompok gajah. Setelah dibagi kelompok, anak-anak SF diminta ngebuat yel berdasarkan kelompoknya. Dan yang gue rasain, kelompok gue asik banget ngebuat dan nyanyiin yel.

Beres ngebuat yel, anak-anak SF diminta memperagakan salah satu game yang pernah kita mainin. Dengan sedikit keberuntungan dan pemaksaan, gue kepilih jadi game master dan gue memutuskan buat mainin game Tugu Pancoran. Tugasnya, setiap anak diminta membuat kelompok sesuai dengan permintaan dari game master. Caranya, kalo gue bilang, “Tugu Pancoran”, semua anak harus berpose kayak patung di Tugu Pancoran, Jakarta. Kalo gue bilang “mari berdansa”, setiap anak harus nyari kelompok per dua orang. Kalo gue bilang “lampu lalu lintas”, peserta harus nyari kelompok tiga orang-tiga orang. Kalo gue bilang “mendayung”, setiap peserta harus nyari kelompok empat orang-empat orang. Dan kalo gue bilang “bunga matahari”, peserta harus buat kelompok lima orang-lima orang. Aturannya, setiap anak yang gak kebagian kelompok bakal ditarik ke depan dan dihukum.

Setelah beres game itu, pak Kemal ngadain evaluasi sebentar. Katanya, gue terlalu tegang. Gue kurang nyantai. Katanya, kalo gue kayak gitu, kasian anak-anaknya. Kalo gue tetep kayak gitu, ntar anak-anak gak bakal nyantei. Terus anak-anak bakal bosen kalo guenya tegang gitu katanya. OK dah... yang jelas gue dapet banyak perbaikan dari evaluasi itu.

Evaluasi selesai jam 9. Gue dan anak-anak Sampoerna siap diberangkatin ke camp-camp pengungsian. Camp terbesar yang banyak anak-anak itu letaknya di deket basecamp volunteer. Jadinya kita semua asalnya diarahin ke camp tersebut. Tapi guess what?! Di sana udah ada yang ngisi. Namanya World Vision. Karena mungkin banyak sekali terdapat kurang komunikasi antara SF, IBU, World Vision dan penduduk setempat, akhirnya kita memutuskan untuk segera pergi dari tempat tersebut. Masih banyak tempat yang butuh orang-orang yang mau nolong mereka, gitu kata World Vision. OK deh, kita cabut aja... ke desa Bojong Waru yang sehari sebelumnya udah dikunjungin ama Nina dan beberapa anak yang udah dateng duluan.

Desa Bojong Waru. Namanya ngingetin gue ama tempat tinggal gue, Bojong Kacor. Hehehe. Oiya, di Desa ini, anak-anaknya pada antusias loh, sama kedatangan anak-anak SF. Masih jauh dari desa mereka, tapi mereka udah ngejar-ngejar kita semua. Sayangnya, gue gak sempet menyaksikan momen itu. Hahaha. Dodol. Yasudah... lanjut...

Pas sampai di SD Bojong waru, anak-anak lagi pada ngegambar dibimbing ama Nina. Gambarnya pada bagus. Tapi ya biasalah, gambar standar anak SD. Kalo disuruh ngegambar pemandangan, pasti yang digambarnya itu gunung, matahari, dan jalan, ditambah sedikit sawah. Hahaha... tapi padu padan warnanya bagus banget kok. Mereka kayaknya pada berbakat jadi seniman.

Selesai menggambar, anak-anak (jumlahnya sekitar 50 orang) dibagi 4 kelompok. Ada kelompok monyet (sumpah nih yang ngasi namanya gak kira-kira), kelompok anjing (langsung namanya gue ganti jadi kelinci), kelompok bebek, dan kelompok kucing. Gue kebagian jadi PJ kelompok kelinci, berdua ama si Felia. Masalah utama kelompok ini sih perbedaan umur antara anak-anaknya. Waktu kita disuruh buat yel, yang ngapalin yel nya cuma yang udah pada gede-gede aja. Kasian yang gede-gedenya. Mereka kayak jadi tumbal buat disuruh ngapalin yel gitu. Tapi yasudahlah... toh pada akhirnya mereka semua hapal yel nya. Great, boy...

Buat memperkeruh suasana (pilihan kata yang buruk), setelah kelompok mereka disatukan lagi, gue yang jadi game master nanya sama mereka semua, “Adik-adik tau gak, siapa nama kakak?” Tentu saja semua menjawab, “gak tau”... hahaha... terus gue bilang aja, “Kalau mau manggil kakak, panggil aja Kak Arjuna”, diselingi dengan muntah-muntah dari anak-anak SF yang lain. Hahaha... tapi emang terjadi. Waktu gue tanya ama anak-anak, “Jadi kalian manggil kakak apa?”, mereka ngejawab, “Kak Arjuna”... huahahahah... langsung terdengar gumam gak ridho dari anak-anak SF... hahahahah

Setelah nge-yel-yel, gue dan Tata ngajarin beberapa jargon. Sebenarnya gue bingung jargon apa yang harus dikasiin ke anak-anak. Tapi gue keingetan yel-yel taplok taun lalu yang pendek tapi asik. Akhirnya, gue ngajarin yel-yel taplok itu ke anak anak. Cuma, kata-kata taploknya diganti dengan kata “anak”. Jadinya, jargonnya kayak begini :
“Kami anak ceria... ceria... ceria...”
“Sukanya bergembira... gembira... gembira...”
“Kami anak ceria... sukanya bergembira... Yeey”
Terus gerakannya dibuat heboh gitu. Jadilah itu jadi salam ceria buat anak-anak Bojong Waru. Mereka enjoy banget waktu disuruh salam ceria itu. Mereka juga jadi gak introvert lagi setelah dapet salam ceria itu. Yaah, walaupun dengan sedikit insiden dari korps bulan sabit, tapi ga masalah banget lah. Setelah sedikit negosiasi, acara pun bisa dilanjutkan lagi.

Acara selanjutnya, anak-anak tersebut kita kasih kertas lipat yang udah di gunting ngebentuk gambar apel. Kita suruh anak-anak itu bawa pulang apelnya dan kita minta mereka ngisi apelnya dengan nama, kelas dan cita-cita mereka, juga alasan kenapa mereka mau menjadi seperti itu.

Acara selanjutnya, sholat bareng. Walaupun pada akhirnya, yang sholat cuma beberapa. Tapi toh esensi dari kegiatannya tetep dapet. Dan yang paling penting, anak-anak itu pada minta mentoring (sebenarnya mereka minta gue ngobrol-ngobrol ama mereka). Gila dah. Gue aja males kalo mentoring agama, mereka malah habis sholat pada ngajak ngobrol-ngobrol. Jadilah gue mengajak mereka mengobrol tentang masalah puasa. Gue tanyain ke mereka siapa aja diantara mereka yang puasa. Ternyata cuma dua orang. Wew. Tapi biarinlah. Gue langsung aja nyeritain tentang si Una, adik gue yang paling kecil. Sejak setaun sebelum masuk TK, si Una udah rajin puasanya. Terus gue kasih tau bahwa yang namanya puasa itu menyehatkan. Bisa bikin kita rajin juga. Mereka cuma bisa bilang, o0o. Nah, di akhir-akhir, gue nantangin mereka. Gue bilang, besok gue bakal kembali lagi ke tempat itu. Gue tanya, siapa yang mau puasa. Mereka semua ngangkat tangan. Mungkin mereka mau main sama gue kali yak. Bukan mau puasa. Hehehe... Geer parah gue

Selesai sholat, gue dan temen-temen gue (yang udah pada cape) nyari kegiatan yang asik buat mereka tapi gak bikin kita capek. Akhirnya kita sepakat, kita bakal ngajakin mereka main bola (buat yang cowok) dan main bebentengan (buat yang cewek). Hahaha... cerdas kan? Mereka bakalan main sampe cape, dan kakak-kakaknya gak perlu capek. Hehehe... akhirnya kita ngajakin mereka main bola. Tapi sialnya, mereka malahan ngajakin kakak-kakaknya main bola juga. Jadilah gue, Salik, Opi ikut main bola juga. Beuh, pokoknya main bola tuh bener-bener aneh dah. Masa tendangan gue gak bisa lurus. Belok-belok melulu. Terus itu si Azis yang jadi kiper kayaknya punya jimat deh. Ditendang gimana juga ketangkep melulu. Sampe bingung gue gimana caranya ngejebol tuh anak. Bahkan sampe jam 5 pun gue gak bisa ngejebol tuh anak. Edun lah.

Game berakhir jam lima. Sebelum pulang, kita ngobrol-ngobrol dulu sama anak-anak. Sambil liat pemandangan, kita nge-share banyak hal. Kita juga jadi tau banyak hal tentang mereka. Mereka nge-share tentang kehidupan mereka. Mereka bener-bener udah gak sungkan sama anak-anak SF. Bahkan kalo ngomong sama gue udah pake bahasa sunda kasar, bahasa sehari-hari mereka. Tapi biarin, intinya kan mereka merasa deket sama gue, makanya mereka mau ngobrol pake bahasa gaul mereka itu. Terus udah gitu si Azis berulah lagi. Dia ngomong bokep terus. Sampe kakak-kakak SF pada geleng-geleng kepala. Bingung mau gimana lagi sama tuh anak. Tapi setelah beberapa kali dinasehatin, si Azis itu mau juga mengalihkan topik pembicaraannya. Selain ngomong bokep, si Azis juga malah ngejekin si Ersan. Si Ersan dibilang Doraemon. Terus, si Azis juga ngegombalin temennya dan ngegombalin Ana, anak SF. Ckckck... ada-ada aja tuh anak.

Jam setengah enam, mobil yang menjemput tim SF tiba. Gue dan teman-teman harus pamit. Mereka keliatannya sedih. Tapi gue salut sama mereka. Mereka ngerti bahwa kami harus pulang. Tapi anak-anak SF pada janji bahwa besok, kita akan dateng lagi buat nemenin mereka main...

Karena jemputan mobil kita itu telat dateng (harusnya jam lima), akhirnya semua anak SF pada buka di jalan. Kocaknya, walaupun udah kedenger azan, masi ada aja anak yang gak menyegerakan buka, dasar sakit jiwa (ini tagline anak-anak SF yang ke Pangalengan). Hahaha... Sesampainya di basecamp, anak-anak SF pada langsung buka. Menunya??? Jangan tanya. Nasi timbel komplit + pindang. Beuh. Pokoknya diantara tiga daerah SA, Pangalengan paling TOP dah kalo urusan makan. Oiya, buat tajilnya, kita dapet kolak dan jus tomat. Bebas milih. Tapi kalo gue sih gak milih-milih. Gue makan dua-duanya. Hahaha... dasar rakus... beres tajil, makanan berat langsung gue santap... dan setelah itu, gue langsung sholat maghrib dan isya, gak ake taraweh... hehehe... gue malah ngobrol ama anak-anak SF di tenda. Obrolannya, banyak. Tapi intinya sih kita pra-evaluasi, soalnya jam 8 nya kita bakal evaluasi bareng sama IBU dan KABOA.

Obrolan dimulai dengan curhat si Nina soalnya si Nina mengalami nasib yang sial selama seharian itu. Mulai dari dicuekin sama si Mas Iqbal (soalnya emang gitu karakternya, jadi mau gimana lagi) sampai masalah sama World Vision. Tapi at all, sebenarnya sehari itu menyenangkan. Banyak pencapaian yang udah kita raih. Jadi gue bilangin aja sama anak-anak SF bahwa ntar kita harus menyatu waktu evaluasi. Dan dengan sedikit rencana, kita memulai evaluasi dengan IBU dan KABOA.

Ternyata evaluasi itu gak seburuk yang gue bayangin. Mungkin karena kita udah ter-frame bahwa IBU dan KABOA itu serem, makanya pas awal-awal kita agak menjaga jarak dengan mereka. Tapi ternyata, mereka orang-orang yang ramah kok. Mereka mengapresiasi pencapaian yang diraih sama tim SF, disamping mereka juga memberi masukan buat tim SF. Terutama dalam hal koordinasi dengan IBU dan KABOA. Ya emang sih, tadi siang waktu kita pindah tempat dari Sukawarna ke Bojongwaru kita gak langsung ngasih tau ke Koordinator mereka. Kita ngasih taunya lewat orang dapur. Jadi mungkin pesen dari kita gak tersampaikan ke mereka. Huff...

Selain mengevaluasi kinerja tim SF, kita juga mengevaluasi kinerja dari tim medis IBU. Tapi karena anak-anak SF gak begitu ngerti, anak-anak SF diizinkan buat istirahat. Tapi mereka minta empat orang buat ngebantu mereka ngerekap medis. Karena gue belum ngantuk, maka gue menyanggupi permintaan tersebut. Tiga orang lainnya itu Nenden, Ersan dan siapaa gitu. Gue lupa satu lagi siapa.

Selesai evaluasi, gue langsung ke tempatnya dokter dan mulai ngerekap medis. Awalnya, gue agak horor juga ngeliat tumpukan catatan medisnya. Banyak banget. Ada dua ratusan data. Untungnya gue udah terbiasa dengan tugas-tugas aneh gitu (thanks MBC). Jadinya, tugas banyak gitu bisa dikelarin dalam waktu satu jam aja. Parahnya, tim yang asalnya gue kirain bakal empat orang menyusut jadi cuma dua orang aja. Gue ama Nenden. Itu juga si Nenden malah becanda ama dokternya. Parah banget. Bukannya kerja malah TePe-TePe ama dokter. Hahaha. Tapi yang jelas, dalam waktu satu jam, kerjaan gue kelar.

Waktu gue sedang ngerjain rekap medis itu, anak-anak SF yang lain malah main. Tau gak mainnya apa? Mereka mainin sebuah game (gak penting gamenya apa) dan yang kalah disuruh nyium gue. WHAT THE HELL. Gue kagak ngerti sama mereka. SAKIT JIWA!!! Hahaha. Dan yang kena si Ersan (Anjir, cowok... coba kalo cewek... hehehe)... terus si Ersan dengan tololnya menghampiri gue yang lagi ngerjain rekap medis dan langsung nanya sama gue, “Mar, gue kalah main game dan disuruh nyium lo. Gimana dong?” wkakakakak... emangnya gue pikirin. Ogah gue dicium ama lo. Hahahaha. Terus gue suruh si Ersan pergi dan minta aja dia nyari hukuman lain. Katanya sih dia disuruh ke hotel yang ada di seberang sama cowok (kalo gak salah si Mper) dan disuruh bilang ke resepsionis, “Mbak, masih ada kamar yang kosong gak? Saya mau pesen kamar buat berdua ama mas ini ya?” wakakakakak... parah banget. Tapi gue gatau, jadi apa nggak tuh hukuman dijatuhkan.

Selesai ngerjain tugas, gue nyeduh cappucino. Kebiasaan di rumah nih. Sambil menikmati gelas cappucino, gue ngobrol-ngobrol dengan orang IBU. Gue bahkan gatau namanya siapa. Tapi di sana gue studi banding. Soalnya si Mas itu kayaknya pengalaman di social activity nya banyak banget. Dia udah pernah dapet proyek ngebangun sekolah di Nias. Dapet proyek juga buat ngebangun desa. Gila banget dah. Yang bisa gue share juga cuma dikit. Gue bilang aja, bahwa di kampus banyak banget kegiatan-kegiatan yang kayak gitu. Gue bilang aja, sebagai contohnya, yang gue tau itu proyek PALAPA-nya HME. Gue bilangin aja, bahwa di kampus, sebuah himpunan itu akan disegani jika prestasinya bagus. Ucapan gue inilah yang langsung direspon, “Wah, kalo begitu bagus ya, persaingannya itu bakalan mendukung pembangunan di Indonesia.” Dibilangin gitu, hati gue tersentuh. Gue ampang aja bilang kalo HME punya proyek PALAPA tapi sampe sekarangpun gue belum bisa mutusin apakah gue bakalan ikut tim PALAPA atau nggak. Pembicaraan semacam itu berlanjut, sampe gue gak sadar kalo pas gue nguap, udah jam setengah dua.

Hadooh... hari pertama gue di Pangalengan yang sangat menyenangkan. Gue seneng kalo inget senyum anak-anak di pengungsian itu. Gue juga seneng kalo inget masih ada orang-orang baik yang mau berbagi ilmu dan pengalaman sama kita. Tapi gue sedih nginget kalo besoknya gue harus pulang. Gue masih mau ngeliat senyum anak-anak itu. Anak-anak yang masih memegang mimpi dan cita-cita mereka ketika musibah menghampiri mereka.

Minggu, 13 September 2009
Gue bangun jam empat. Walaupun gue dibangunin jam setengah tiga, tapi tidur cuma sejam gak cukup buat gue. Gue kayak kebo banget. Hahaha. Tapi jam 4 gue bener-bener bangun kok. Tandanya ge bangun, gue udah bisa ngatain si Ersan. Hahaha. Cukup. Jam empat itu gue langsung sahur dan bertepatan dengan minum gue, terdengarlah suara azan shubuh. Untung gue gak kelewatan sahur. Hahaha...

Habis shubuh, gue gak ada kesempatan buat tidur lagi. Gue langsung packing karena SF berencana pulang jam dua dan kita berencana menghabiskan waktu kita di Bojong Waru sebelum pulang. Tugas-tugas langsung kita selesein dan... tadaa... jam tujuh kurang semua urusan udah beres. Anak-anak SF udah pada mandi dan barang-barang udah pada di packing semua. Kita cuma tinggal berangkat aja.

Well... jam tujuh ada briefing dari Pak Kemal dan kita semua diajarin tentang bagaimana memulai sebuah game dan bagaimana supaya kita gak terlalu lama dalam menjelaskan sebuah game. Dan dengan sedikit pembekalan tersebut, anak-anak SF langsung berangkat ke dua titik. Tim 1 berangkat ke Bojong Waru. Ada gue, Ersan, Nina, Ana, Imas, Felia, Soni, dan Opi dan gue lupa siapa lagi... hahaha... tapi kalo gak salah cuma segitu deh...

Acara hari minggu ini dimulai dengan sedikit ice breaking. Salam ceria, tentu. Terus kita ajakin anak-anaknya main 1-2-3. Pokoknya game-game kecil yang menyenangkan deh. Nah, setelah permainan itu, kita bagi anak-anak sesuai dengan kelompok umur mereka. Yang udah pada gede-gede kita ajakin ngebuat gantungan kunci dengan cara ngejait, kalo yang masih kecil kita ajakin ngebuat hastakarya dari stik eskrim. Keliatan banget kalo anak-anak pada antusias dengan kegiatan ini. Mereka seneng, soalnya mereka punya hasil nyata dari proses belajar mereka dengan kakak-kakaknya dari SF. Keliatan banget kalo mereka itu anak-anak yang cerdas. Mereka hanya perlu dukungan dan bimbingan.

Setelah dua jam, gantungan kunci dan karya stik eskrim mereka pada selesai. Mereka keliatannya bangga banget dengan hasil karya mereka. Gue juga terharu ngeliat antusiasme mereka dalam mengerjakan hastakaryanya. Gak ada kata menyerah dan gak ada kata gak bisa. Jadi malu kalo inget gue waktu pertama kali ngebuat flip-flop. Belum apa-apa udah bilang susah. Padahal seharusnya, gue gak berpikir seperti itu. Adik-adik, kalian menyadarkan gue suatu hal yang gak mungkin gue dapetin selama di kampus.

Selesai foto-foto dengan karya mereka, tiba waktunya perpisahan. Gue dan kakak-kakak SF yang lain gak mau kalo adik-adik kita itu jadi anak yang lemah. Jadi anak yang cengeng. Yang kembali lagi pada kesedihan mereka saat kita gak ada. Akhirnya, kita tunjuk dua orang untuk menjadi leader buat mereka. Buat selalu ngajakin mereka main. Buat selalu ngajakin mereka belajar dan mengejar mimpi mereka.

Sebelum anak-anak SF bener-bener pulang, kita ngadain prosesi penanaman pohon harapan. Apel-apel mereka yang sebelumnya udah diisi nama, kelas dan cita-cita mereka ditempelin di ranting yang kita bawa. Terus, pohon itu ditaro di kelas mereka. Supaya mereka selalu ingat, bahwa mereka pernah dan masih punya cita-cita dan harapan.

Selesai penanaman pohon harapan, ada thank you letter dari anak-anak buat SF. Wah, ternyata agak sedih juga ya perpisahan kali ini. Tapi gue yakin kok, mereka bisa tetep bermain dan belajar. Dan sebelum kita semua naik mobil yang ngejemput anak-anak SF, mereka untuk terakhir kalinya menunjukkan semangat mereka untuk tetap bermain dan belajar dengan salam ceria mereka...

Gue tau, kalian mungkin gak bisa membaca tulisan ini sampai dua atau tiga taun ke depan... tapi gue yakin, kalian semua adalah orang hebat. Gue mempercayakan kalian pada Azis dan kakaknya, Ajeng... tapi bukan berarti kalian tergantung pada dua orang itu... kelak kalian akan memperoleh harapan yang selama ini kalian impikan, mendapatkan cinta yang selalu kalian cari, dan surga yang akan selalu kalian dambakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar